BPP Kemranjen Koordinasikan Musim Tanam 2019 / 2020

Dilihat : 7986 Kali, Updated: Kamis, 19 September 2019
BPP Kemranjen Koordinasikan Musim Tanam 2019 / 2020

 

Kamis (19/09/2019). BPP Kecamatan Kemranjen laksanakan koordinasi persiapan Musim Tanam 2019/2020. Koordinasi ini di laksanakan di aula Desa Karangjati Kecamatan Kemranjen dengan peserta adalah Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Korpokla Serayu Hilir, Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan dan Irigasi Wilayah Sumpiuh, BPP Kecamatan Kemranjen, PHP Kecamatan Kemranjen, para Kepala Desa se Kecamatan Kemranjen, para Ketua Gapoktan/ se Kecamatan Kemranjen dan perwakilan kelompok Tani se Kecamatan Kemranjen.

Menurut Koordinator BPP Kecamatan Kemranjen Heri Santosa, kegiatan ini di laksanakan dalam rangka musyawarah percepatan Tanam dan Pola Tanam musim tanam 2019/2020, yang akan dimulai bulan Oktober.

Aliran air di daerah irigasi Serayu sejak 15 September sudah mengalir dari Bendug Gerak Serayu dan sampai di wilayah Kecamatan Kermanjen tanggal 16 September, oleh karena itu hari ini kita koordinasikan untuk percepatan Musim Tanamnya” kata Heri Santosa di sela kegiatannya.

Selain itu juga mendasari hasil musyawarah dari Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap yang menyampaikan bahwa Musim Tanam I adalah bulan Oktober 2019 s/d Januari 2020” ujarnya lagi.

Hadir juga dalam acara tersebut Kabid Tanam Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Suwarseno menyampaikan pola tanam dari pemerintah untuk di maksimalkan, dengan memanfaatkan ketersediaan air yang sudah ada.

Monggo kepada para Kepala Desa dan petani untuk bisa memaksimalkan pola tanam yang sudah ditetapkan dari Kabupaten, airnya dari bendungan Serayu sudah mengalir, segera saja dimulai pengolahan tanahnya” ucapnya pada sambutan.

Selain itu juga untuk program pengembangan palawija di Kecamatan Kemranjen di alokasikan bantuan benih jagung hibrida untuk luasan 50 hektar.

Tahun 2020 wilayah Kecamatan Kemranjen mendapatkan bantuan benih jagung hibrida untuk luasan 50 hektar, monggo kepada para petani untuk memeperhatikan pola tanam dari pemerintah, sehingga ketika bantuan tiba di wilayah, lahan sudah siap untuk tanam palawija” ucapnya lagi.

Diakhir sambutannya disampaikan untuk desa yang rawan genangan air, dialokasikan juga bantuan benih padi tahan genangan air.

Tahun 2020 untuk Kecamatan Kemranjen kita siapkan juga benih padi tahan air”.

Acara diakhiri dengan musyawarah kesepakatan musim tanam 2019/2020 antar peserta rapat.

Komentar